Minggu, 25 September 2016

Cara Tepat Membuat Olahan Tahu

Makanan yang terbuat dari bahan baku kedelai merupakan sumber protein nabati yang berkualitas tinggi, Tahu merupakan salah satu diantaranya. Tahu tidak hanya kaya akan protein nabati namun juga mengandung kalsium yang hampir setara dengan kalsium pada susu, yaitu 124 mg. Ada banyak pilihan cara untuk mengolah tahu menjadi hidangan yang lezat. Mengolah tahu bisa dilakukan denganberbagai cara seperti kukus,  goreng, dihancurkan dan dicampurkan dengan bahan makanan lainnya. Apapun pilihan Anda memasak tahu, perhatikan cara mengolah makanan kaya nutrisi ini dengan baik.


Mengolah tahu dengan cara digoreng
-Saat menggoreng tahu, pastikan minyak goreng yang akan anda gunakan sudah cukup panas. Agar warna tahu tetap cantik dan merata, selain itu juga agar kulit tahu tidak keras setelah dingin, tahu perlu digoreng dalam minyak panas.
-Lama menggoreng tahu disesuaikan dengan ukuran tahu. Makin kecil ukuran tahu, makin singkat waktu menggorengnya. Sebaliknya, jika ukuran tahu yang anda goreng terbilang besar, butuh waktu menggoreng lebih lama.
-Jangan tinggalkan wajan saat menggoreng tahu, karena cara tepat menggorengnya adalah dengan sambil mengaduk supaya warnanya merata.
-Jika Anda membeli tahu goreng jadi berkulit coklat, sebaiknya seduh terlebih dahulu sebelum anda mengolahnya. Tambahkan sedikit garam pada air seduhan tahu tersebut supaya memberikan rasa gurih.  Setelah agak dingin, peras tahu.
Mengolah tahu dengan cara dikukus
Jika ingin memasak tahu dengan cara dikukus sebaiknya pilih tahu yang tidak bertekstur lembut, termasuk ketika anda ingin membuat tahu isi yang dimasak dengan cara dikukus.
Mencampur dengan bahan lain dengan cara dihancurkan
Jika ingin memasak tahu dengan cara dihancurkan dan dicampur dengan bahan lain. Pilih tahu yang tidak terlalu lembut jika ingin dihancurkan, misal untuk dibuat perkedel. Tahu yang bertekstur lembut biasanya memiliki kadar air tinggi sehingga tak cocok jika diolah dengan cara dihancurkan dan dicampur dengan bahan masakan lainnya.